TUGAS 3 ETIKA PROFESI

TUGAS 3

Soal :

  1. Sebutkan contoh dan beri penjelasan mengenai standar Teknik (minimal 5) dan standar manajemen (minimal 5) yang relavan dengan Teknik Industri !

Jawab :

STANDAR TEKNIK

Standar Teknik merupakan serangkaian eksplisit syarat yang harus dilengkapi oleh bahan, produk, atau layanan. Selain itu standar teknik merupakan jenis sebuah standar yang sering dirujuk oleh suatu kontrak atau dokumen pengadaan.

Macam-Macam Standar Teknik :

  • ASME (American Society of Mechanical Engineer)

ASME Merupakan organisasi non profit yang bergerak di bidang standarisasi teknik khusus bidang teknik mesin. Organisasi ini dikenal untuk menetapkan kode dan standar untuk perangkat mekanis. ASME melakukan salah satu operasi terbesar didunia penerbitan teknik melalui ASME Press, menyelenggarakan konferensi bidang teknis dan mengadakan kursus pengembangan profesonal setiap tahun dan mensponsori program pendidikan khusnya bidang teknik

  • ASTM (American Society For Testing and Material)

ASTM Merupakan organisasi internasional sukarela yang mengembangkan standarisasi teknik untuk material, produk, system dan jasa. Standar ASTM mempunyai lebih dari 12.000 buah standar. Standar ASTM banyak digunakan pada negara-negara maju maupun berkembang dalam peelitian akademisi maupun industri.

  • ANSI (American National Standards Institute)

ANSI merupakan sebuah lembaga nirlaba swasta yang mengawasi pengembangan standar konsensus sukarela untuk produk, jasa, proses, system dan personil di Amerika Serikat. ANSI Bertugas mengawasi pembuatan, diberlakukannya, dan penggunaan ribuan norma dan pedoman yang secara langsung berdampak bisnis di hamper setiap sektor.

  • API ( American Petroleum Institute)
  • API merupakan standard yang dibikin oleh American Petroleum Institute untuk memberikan ranking bagi viskositas dan kandungan oli yang berlaku. Standard ini lebih mengacu pada oli untuk mesin mobil dari pada untuk mesin motor. Standar API dipengaruhi oleh mandat pemerintah ( seperti kontrol terhadap polusi ), jadi oli yang memenuhi standard rating lebih baru/tinggi bukan berarti performanya lebih baik ( atau bahkan sama ) dengan oli dengan rating yang lebih tua, ini bergantug pada tipe mesin motor anda.
  • BSI
  • BSI merupakan Inggris Badan Standar Nasioal yang pertama kali di dunia. BSI Standar Bekerja dengan industri manufaktur dan jasa, bisnis, pemerintah dan konsumen untuk memfasilitasi produksi standar Inggris, Eropa dan internasional.
  • JIS (Japanese Industrial Standard)
  • JIS merupakan standar yang digunakan untuk kegatan industri di Jepang. Proses standarisasi dikoordinasikan oleh Jepang Komite Standar Industri dan dipublikasikan melalui Asosiasi Standar Jepang. Di era Meiji, perusahaan swasta bertanggung jawab untuk membuat standar meskippun pemerintah Jepang tidak memiliki standard dan dokumen spesifikasi untuk tujuan pengadaan untuk artikel tertentu, seperi amunisi.
  • DIN (Deutches Institut Fur Normung)

DIN merupakan Institut Jerman untuk Standarisasi, yang menawarkan stakeholder platform untuk pengembangan standar sebagai layanan untuk industri, negara dan masyarakat secara keseluruhan. Tugas utama DIN ialah untuk bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk mengembangkan standar berbasis consensus yang memenuhi persyartan pasar.

STANDAR MANAJEMEN

Standar manajemen merupakan struktur tugas, prosedur kerja, sistem manajemen dan standar kerja dalam bidang kelembagaan, usaha serta keuangan. Selain itu pengertian standar manajemen mutu adalah untuk mendukung standarisasi pada setiap mutu produk yang di hasilkan perusahan maka hadirlah Organisasi Internasional untuk Standarisasi yaitu Internasional Organization for Standardization (ISO) berperan sebagai badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil badan standarisasi nasional setiap Negara.

  • Sistem Manajemen Produksi TQM
  • TQM mengacu pada penekanan kualitas yang meliputi organisasi keseluruhan, muali dari pemasok hingga pelanggan. TQM menekankan komitmen manajemen untuk mendapatkan arahan perusahaan yang ingin terus meraih keunggulan dalam semua aspek produk dan jasa penting bagi pelanggan.
  • Standar Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • Pengertian (Definisi) Sistem Manajemen K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) secara umum merujuk pada 2 (dua) sumber, yaitu Permenaker No 5 Tahun 1996 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan pada Standar OHSAS 18001:2007 Occupational Health and Safety Management Systems. Pengertian (Definisi) Sistem Manajemen K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) menurut Permenaker No 5 Tahun 1996 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja ialah bagian dari sistem secara keseluruhan yang meliputi struktur organisasi, perencanaan, tanggung-jawab, pelaksanaan, prosedur, proses dan sumber daya yang dibutuhkan bagi pengembangan, penerapan, pencapaian, pengajian dan pemeliharaan kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif. Sedangkan Pengertian (Definisi) Sistem Manajemen K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) menurut standar OHSAS 18001:2007 ialah bagian dari sebuah sistem manajemen organisasi (perusahaan) yang digunakan untuk mengembangkan dan menerapkan Kebijakan K3 dan mengelola resiko K3 organisasi (perusahaan)
  • OHSAS 18000
  • OHSAS 18000 merupakan spesifikasi dari sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja internasional untuk membantu organisasi mengendalikan resio terhadap kesehatan dan keselamatan pekerjannya. Pentingnya setiap perusahaan harus memiliki standar OHSAS 18000, dikarenakan keselamatan kerja di perusahaan sehingga akan menghasilkan produksi yang berjalan lancer dan berdampak baik bagi karyawan untuk mencegaj tingkat kecelakaan.
  • Standar Manajemen Lingkungan
  • Standar manajemen merupakan serangkaian syarat-syarat dan sistem-sistem yang harus dipenuhi dalam mengaur permasalahan yang ada didalam suatu bidang. Standa
  • ISO 14000
  • Standar manajemen lingkungan yang sifatnya sukarela tetapi konsumen menuntut produsen untuk melaksanakan program sertifikasi tersebut.
  • ISO 9000
  • ISO 9000 merupakan kumpulan standar untuk system manajemen mutu. ISO 9000 yang dirumuskan oleh TC 176 ISO, yaitu organisasi internasional dibidang standarisasi. ISO inilah yang bertanggung jawab untuk standar-standar sistem manajemen mutu.

 

Sumber :

http://didiebachtiar.blogspot.co.id/2015/11/tugas-2-standar-teknik-dan-manajemen.html

https://mumpuniluthfi.wordpress.com/2016/01/07/standar-teknik-dan-standar-manajemen/

https://id.wikipedia.org/wiki/American_Standard_Testing_and_Material

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s