PROPOSAL PENELITIAN DISPLAY

Nama : Ratih Amalia
Kelas : 3ID03
NPM : 36412037
Tugas Softskill Metode Penelitian

Latar Belakang
Aktivitas manusia yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah bekerja. Bekerja merupakan aktivitas yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal penting yang dibutuhkan manusia ketika bekerja adalah informasi. Informasi diperoleh dari interaksi antara manusia dengan manusia dan interaksi antara manusia dengan lingkungan. Interaksi antara manusia dengan manusia dilakukan secara langsung contohnya seperti berdiskusi dan bertanya, sedangkan interaksi antara manusia dengan lingkungan dilakukan secara tidak langsung. Interaksi antara manusia dengan lingkungan kerjanya memiliki permasalahan dikarenakan tidak adanya atau terjadi komunikasi yang tidak langsung antara manusia dengan lingkungan, yaitu ketidakseimbangan antara faktor fungsional dan kesan pada beberapa display yang ada. Akibat dari ketidakseimbangan adalah sulit mengartikan atau menterjemahkan suatu informasi sehingga berakibat mengalami kecelakaan manusia, maka dibutuhkan suatu alat peraga yang dapat menghubungkan antara manusia dengan lingkungan kerja yaitu dengan menggunakan display (alat peraga). Display digunakan karena dapat mempermudah pemahaman manusia dengan lingkungan kerjanya sehingga tingkat kesalahan dan kecelakaan kerja dapat berkurang.
Display merupakan suatu alat peraga yang menghubungkan antara manusia dengan lingkungan kerja, display akan membantu memberikan informasi yang dibutuhkan saat bekerja. Display berguna untuk mempermudah pemahaman manusia dengan kondisi lingkungan kerja.
Penelitian ini akan dilakukan pengamatan terhadap semua pekerja yang bekerja di PT. St arCosmos. Penerapan pada produk yang dirancang adalah menunjukkan arah ke berbagai ruanga pabrik. Pengamatan yang sudah dilakukan diharapkan dapat memberikan usulan perbaikan berupa petunjuk arah yang baik agar pekerja pabrik dapat mengetahui ruangan yang ingin dituju dan dapat mempermudah pekerja untuk mengetahui ruangan-ruangan yang terdapat pabrik PT. Star Cosmos.

Perumusan Masalah
Permasalahan masalah yang dibahas adalah bagaimana merancang petunjuk arah untuk menjadi display yang baik agar dapat mempermudah memperoleh informasi dari display.

Pembatasan Masalah
Pembatasan masalah ini dibuat agar pokok pembahasan tidak menyimpang dari display. Berikut ini adalah pembatasan masalah dari display:
1. Produk yang dirancang adalah petunjuk arah .
2. Kalimat yang digunakan pada petunjuk arah, dari masing-masing ruangan bagian yang berada di pabrik
3. Jumlah produk yang dirancang adalah masing masing tiap ruang pabrik.

Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ini dibuat untuk mengetahui apa saja hal yang dicapai pada penulisan laporan ini dan menjawab kesimpulan pada akhir laporan ini. Tujuan laporan akhir dari display:
1. Mengetahui tipe-tipe dari display yang dibuat.
2. Mengetahui prinsip-prinsip dari display yang dibuat.
3. Mengetahui ukuran huruf dan warna huruf yang digunakan pada pembuatan display.

Metode Penelitian
Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan mengunakan metode penelitian secara langsung. Penelitian yang dilakukan secara langsung terhadap pekerja pabrik didaerah kelapa dua depok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa langkah penelitian dari proses pertama hingga proses akhir.
1. Jenis Penelitian
Penelitian langsung yang dilakukan terhadap tukang angkat galon, dari mulai pertama mengangkat galon keatas motor, mengantarkan pesanan galon, sampai menurunkan galon ketempat pembeli.
2. Lokasi dan Waktu Penelitian
Lokasi penelitian yang dipilih yaitu Jl. Rawabuaya No. 8, Cengkareng, Jakarta Barat 11740. Waktu penelitian dilakukan pada siang hari,
3. Variabel
Variabel yang diamati pada penelitian kali ini adalah tentang keluhan-keluhan apa saja yang terjadi pada pekerja pabrik pada saat melakukan aktivitasnya.
4. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengamati pekerja pabrik lalu hasil pengamatan dicatat dalam lembaran penulisan data.

Jadwal Kerja
Jadwal kerja yang dilakukan oleh pekerja pabrik terbagi pada 3 shift, shift pertama dimulai jam 08.00-12.00, shift kedua dimulai jam 13.00-17.00, dan shift ketiga dimulai jam 18.30-22.30.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s